Penulis / NIM
FITRIA SARI S. LIPUTO / 421409045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Fitria Sari S. Liputo, 421 409 045.2016. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Besaran Dan
Satuan Fisika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.
Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika , Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune, M.Si,
Pembimbing II Supartin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep fisika terhadap kemampuan pemecahan
masalah siswa, Metode yang digunakan adalah metode deskripsi Kuantitatif dan pengambilan
sampel menggunakan teknik Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas X
IPA
1,
sampai kelas X IPA
SMA 1 Kota Gorontalo. Instrumen yang digunakan adalah Tes hasil
belajar siswa yang terdiri dari tes untuk penguasaan konsep dan tes untuk kemampuan
pemecahan ,masalah. Instrumen tersebut dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product
moment. Berdasarkan hasil analisis, pengujian hipotesis serta pembahasan dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Penguasaan Konsep dengan Kemampuan siswa
memecahkan Masalah pada mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo dengan
tingkat keeratan antara Penguasaan Konsep Siswa (X) dan Kemampuan memecahkan Masalah
(Y) adalah sebesar 48.51% atau dengan nilai r=0.7, sedangkan pengujian hipotesis dengan
8
menggunakan uji t pada taraf signifikansi = 0,05 diperoleh
t = 5.136
. Ini berarti semakin
tinggi Penguasaan Konsep siswa akan semakin tinggi kemampuan siswa memecahkan masalah
pada mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo
Kata Kunci:
Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, kemampuan Analisa.
Download berkas