Penulis / NIM
IKA NURSEPTIA / 421409046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Ika Nurseptia. 2013. Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis metode pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 batudaa pada materi cahaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Nawir Sune dan Pembimbing II Citron S.Payu.
Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen kelas yang dilaksanakan pada semester genap T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis metode pictorial riddle dan yang menggunakan pembelajaran kooperatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII1 dan VIII2 Dalam penelitian ini digunakan desain eksperimen pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan membagi siswa menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan instrument tes uraian. Teknik pengolahan data kuantitatif. Bedasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,57 > 4,15 yang berarti menerima hipotesis (H1 diterima). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis metode pictorial riddle dan yang menggunakan pembelajaran kooperatif.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Metode Pictorial Riddle, Hasil Belajar Siswa
Download berkas