Penulis / NIM
TIKA YULIANA / 421409047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK TikaYuliana. 2013. PengaruhPenggunaan Model PembelajaranKooperatifTipe Scramble TerhadapMinatBelajarSiswapada Mata PelajaranFisikaMateriListrikDinamis. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanminatbelajarsiswa yang menggunakan model pembelajarankooperatiftipe Scramble denagan model pembelajarankooperatiftipe Number Head Tugether.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimen yang dilaksanakanpada semester genaptahunajaran 2012/2013 di kelas X Madrasah AliyahNegeriBatudaa.Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasdelapan (X).Penelitianinimelibatkankelompokperlakuan (Xa) dankelompokkontrol (Xb).Instrumenpenelitianinimenggunakanangket.Angketakan diberikanpadasiswa yang ada di kelompokperlakuandanjugapadakelompokkontrol. Tehnikpengumpulan data dilakukandenganmembuatdaftarhasilangketsiswapadakeduakelompoktersebut. Selanjutnya data diujihomogenitasvariansnyadenganmenggunakan statistikuji F,hasilnyaadalahbahwanilai < yaitu 0,99< 1.96 dengandemikiandapatdinyatakanvariankeduakelompok data tersebutadalahhomogen. Pengujianhipotesisdenganmenggunakanstatistik uji t yang menunjukanbahwa > yaitu2.920>2.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanantaraminatbelajarsiswa yang dibelajarkandenganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipe scramble dengansiswa yang dibelajarkandenganmenggunakan model pembelajarankooperatif number head together. Dimanaminatbelajarsiswa yang dibelajarkanmenggunakanmodel pembelajran Kooperatif tipe scramble lebihtinggidibandingkandenganminatbelajarsiswa yangdibelajarkanmenggunakanmodel pembelajran Kooperatif tipe Number head tugether. Kata Kunci: Model PembelajaranKooperatifTipe Scramble, MinatBelajarsiswa, ListrikDinamis.
Download berkas