Penulis / NIM
IRMAYANTI RIDWAN / 421409049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK Irmayanti Ridwan. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Impuls Dan Momentum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajarn langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMK N 1 Suwawa dan sempelnya hanya dua kelas diambil, penarikan sampel ini dilakukan dengan tehnik Cluster rondom sampling, dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest posttest Control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes objektif. Tes yang diberikan kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Berdasarkan kriterian pengujian yang digunakan diperoleh bahwa ada pengaruh yang dihasilkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar. Kata kunci : Hasil belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Download berkas