SKRIPSI

Penulis / NIM
LISMA ASIMUDIN / 421409057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Lisma Asimudin. 2013. Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Listrik Dinamis (Suatu Penelitian di SMA Negeri 4 Gorontalo). Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Fisika, Jurusann Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan strategi pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan cara mengkaji apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) dan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pengajaran langsung. Seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes, yaitu tes pada akhir pemberian materi. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan menggunakan teknik statistik parametrik. Berdasarkan kriteria penggujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kritria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,91 > 2,02 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima). Dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara keseluruhan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 75,36 dan pada kelas kontrol sebesar 69,62 Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pengajaran langsung. Kata Kunci : Kooperatif , Strategi Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011