Penulis / NIM
LISMA ASIMUDIN / 421409057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Lisma Asimudin. 2013. Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Listrik Dinamis (Suatu Penelitian di SMA Negeri 4 Gorontalo). Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Fisika, Jurusann Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan strategi pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan cara mengkaji apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) dan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pengajaran langsung. Seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes, yaitu tes pada akhir pemberian materi. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan menggunakan teknik statistik parametrik. Berdasarkan kriteria penggujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kritria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,91 > 2,02 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima). Dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara keseluruhan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 75,36 dan pada kelas kontrol sebesar 69,62 Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pengajaran langsung.
Kata Kunci : Kooperatif , Strategi Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar
Download berkas