Penulis / NIM
NIKMATUL FAUZI ERI PUTRI / 421409060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
A B S T R A K
Nikmatul Fauzi Eri Putri, NIM. 421409060. “Analisis Kualitas Tes Obyektif Buatan Guru Bidang Studi Sains Fisika SMP Di Kota Gorontalo”. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada mid semester genap SMP di Kota Gorontalo, Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas tes obyektif buatan guru SMP di Kota Gorontalo jika ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pengecoh atau distractor. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi sebagai instrument penelitian yaitu dengan mengumpulkan jawaban siswa terhadap tes yang disusun oleh guru pada masing-masing sekolah. Selanjutnya data yang diperoleh, kemudian dianalisis untuk menghitung tingkat kesukaran, validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan pengecoh atau distractor pada tiap-tiap sekolah.Dari hasil yang telah dianalisis menunjukkan bahwa secara umum tes obyektif ujian mid semester genap Fisika SMP Negeri 1 Gorontalo, SMP Negeri 2 Gorontalo, SMP Negeri 3 Gorontalo, SMP Negeri 5 Gorontalo, SMP Negeri 6 Gorontalo, dan SMP Negeri 7 Gorontalo pada tahun 2012/2013 secara umum memiliki tingkat kesukaran yang belum berimbang, 58% soal valid,reliabilitas yang tinggi yaitu 0,67, daya pembeda yang terdiri dari 47% butir soal yang sangat baik, 16% butir soal baik dan 35% soal cukup baik dan perlu diperbaiki pengecoh yang tidak dipilih, 95% butir soal jelek dan disarankan direvisi serta sebagian pengecoh yang sudah berfungsi dengan baik (efektif).
Kata kunci : Analisis Tes Obyektif Buatan Guru Fisika SMP Kelas VIII, Menggambarkan Kualitas Tes
A B S T R A C T
Nikmatul Fauzi Eri Putri, NIM. 421409060. “Quality Analysis Of Multiple-Choice Tests Made By Junior High School Teachers In Gorontalo City”. Thesis, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Gorontalo State of University. Adviser I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, and Adviser II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT.
This research is a descriptive quantitative research undertaken at mid semester completed of Junior High School in Gorontalo city, purpose to describe the quality analysis of multiple-choice tests made by junior high school teachers in Gorontalo if terms of validity, reliability, level of difficulty, power of distinction, and distractor. The collection of data in this study done by engineering documentation. Data on the research done by engineering documentation instrument for research and on the answers to students organized by teachers in their respective school. Then, the data was analys to calculate the distress validity, reliabilitas, a distinguishing, and or distractor in every schools. From the data which have to analys shows that objective test in middle semester completed of 2012/2013 in every school at Gorontalo, in collective have level of difficulty equilibrium yet, 58% valid questions and 42% non valid, a normal reliability, power of distinction concist from 47% very good items number, 16% good items number, 35% good enough in items and need to repaire distractor which not to choose, and then 95% a bad items number and must to be revision.
Keyword: An Analysis Of The Quality Of Teacher Made Tests, Describe Of Test Quality
Download berkas