Penulis / NIM
FRASTUTY MONOARFA / 421409065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Frastuti Monoarfa, 2013.” Deskripsi Aktivitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan PAKEM Pada Pembelajaran Sains Materi Bunyi di SMP Negeri 1 Sumalata. Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk mendapatkan gambaran aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui pendekatan PAKEM dengan suatu perangkat yang telah dikembangkan.Sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Ramdom Sampling dimana untuk menentukan sampel mana yang akan dijadikan sumber data, maka dalam pengambilan sampelnya berdasarkan dearah populasi yang telah ditetapkan yaitu kelas VIIIC SMP Negri 1 Sumalata yang berjumlah 21 siswa. Perangkat yang digunakan telah dikembangkan melalui pendekatan PAKEM dan untuk menunjang keberhasilan penelitian,digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase pada lembar aktivitas guru dalam proses belajar mengajar semakin meningkat dari pertemuan I, Pertemuan II dan III terlaksana sesuai RPP. Untuk aktivitas siswa pada pertemuan I,II dan III peningkatan aktivitas siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, setelah 3 kali pertemuan baik secara individu dan kalsikal hasil belajar siswa meningkat hal ini di tunjukan oleh hasil belajar yang dicapai oleh setiap sebagian siswa besar di atas yang ditentukan yaitu 75, nilai yang diperoleh siswa rata-rata diatas 75.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Materi Bunyi
Download berkas