Penulis / NIM
WAHIDA A. PIANTAE / 421409068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Wahida A. Piantae, 2013. Model Problem Possing BABS Pada materi Pokok Listrik Dinamis (Suatu Penelitian di SMA Negeri 4 Gorontalo). Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri K. Umar, M. Pd, dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran problem posing berbasis aktivitas belajar siswa yang dikembangkan melalui produk berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS),dan Tes Hasil Belajar (THB). Proses pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan pengembangan model 4D (Define, Design, Develop and and Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Gorontalo di kelas X6 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan Lembar validasi perangkat pembelajaran, Lembar observasi kegiatan guru mengajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan melalui perangkat pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 70 %, penilaian hasil observasi guru dalam mengelolah pembelajaran dinilai baik mencapai 3.4 dari total skor rata rata pengamat dan penilaian aktivitas siswa untuk seluruh aspek dinyatakan baik, aspek yang tertinggi mencapai 3.42. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi dari pengembangan model pembelajaran problem posing berbasis aktivitas belajar siswa layak digunakan untuk mencapai ketuntasan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : pengembangan, model problem possing, aktivitas belajar.
Download berkas