SKRIPSI

Penulis / NIM
ANISA I. LAUSENG / 421409069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Anisa I Lauseng, 2014. Pengaruh Penerapan Model Siklus Belajar Abduktif Empiris Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor.Penelitian inibertujuan untuk mengetahuiperbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model siklus belajar abduktif empiris dan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi kalor.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Gorontalo tahun ajaran 2013/2014 pada semester ganjil. Dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design.Pengumpulan data yang digunakan berupa instrument tes objektif. Sebelum melaksanakan eksperimen, diberikan pretest untuk mengukur homogenitas kedua kelas, kemudian pelaksanaan proses pembelajaran, yang dilanjutkan dengan pemberian posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabelyaitu 8.91>2.00 pada taraf nyata 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model siklus belajar abduktif empiris (kelas eksperimen) dan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Kata Kunci : Siklus Belajar Abduktif Empiris, Hasil Belajar, Kalor
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011