Penulis / NIM
ANISA I. LAUSENG / 421409069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Anisa I Lauseng, 2014. Pengaruh Penerapan Model Siklus Belajar Abduktif Empiris Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor.Penelitian inibertujuan untuk mengetahuiperbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model siklus belajar abduktif empiris dan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi kalor.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Gorontalo tahun ajaran 2013/2014 pada semester ganjil. Dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design.Pengumpulan data yang digunakan berupa instrument tes objektif. Sebelum melaksanakan eksperimen, diberikan pretest untuk mengukur homogenitas kedua kelas, kemudian pelaksanaan proses pembelajaran, yang dilanjutkan dengan pemberian posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabelyaitu 8.91>2.00 pada taraf nyata 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model siklus belajar abduktif empiris (kelas eksperimen) dan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol).
Kata Kunci : Siklus Belajar Abduktif Empiris, Hasil Belajar, Kalor
Download berkas