Penulis / NIM
DEISY REGINA IBRAHIM / 421409070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
Pengembangan Perangkat Pembelajaran inkuiri
terbimbing Pada Materi Perpindahan Kalor.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri
terbimbing materi perpindahan kalor di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas
sepuluh (X) yang terdiri dari, Silabus, Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP),
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Bahan Ajar yang disesuaikan dengan
kurikulum 2013. Proses pengembangan perangkat ini menggunakan model
pengembangan perangkat Dick-Carey yang terangkum dalam empat tahap
(Define, Design, Develop and Disseminate) yaitu Pendefinisian, Perancangan,
Pengembangan dan Penyebaran. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan
lembar validasi perangkat pembelajaran. Masing-masing perangkat pembelajaran
ini telah divalidasi oleh validator yang terdiri dari 2 validator yakni 1 orang dosen
di jurusan Fisika dan 1 orang guru Fisika di SMA N 2 Gorontalo menyatakan
bahwa pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang
dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan desain Dick-Carey layak
digunakan pada proses belajar mengajar di sekolah.
Kata Kunci: pengembangan Perangkat pembelajaran, Desain Sistem pembelajaranDick dan Carey, kurikulum 2013.
Download berkas