Penulis / NIM
NUR'AFNI / 421409071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Nur'afni. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 di kelas X SMA Prasetya Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS) Dengan yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Prasetya Gorontalo dan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebesar 33 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-postest contol design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Sebelum melaksanakan eksperimen diberikan pretest untuk mengukur homogenitas kedua kelas kemudian pelaksanaan proses pembelajaran, yang dilanjutkan dengan pemberian posttest. Ditinjau dari pengujian hipotesis didapatkan thitung > ttabel yaitu 5.276 > 2.042. Demikian pula skor rata-rata hasil belajar yang menggunakan TAPPS diperoleh nilai rata-rata = 10.58 lebih besar dari skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan perolehan nila = 8.00, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran thinking aloud pair problem solving dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS).
Download berkas