Penulis / NIM
ISWAN J MATAIYA / 421409072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Iswan J. Mataiya. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Number Heads Together) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Hukum Termodinamika Skripsi: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing:1) Drs. Asri Arbie, M.Si , dan 2) Supartin S,Pd, M,Pd.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT (Number Heads Together) terhadap motivasi belajar fisika pada pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di kelas XI SMK Cokro Aminoto Salongo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas (XI). Penelitian ini melibatkan kelompok perlakuan (XId) dan kelompok kontrol (XIa). Lebih jauh penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah ada perbedaan antara motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT (Number Heads Together) dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian menggunakan angket. Angket ini diberikan pada siswa yang ada di kelompok perlakuan dan juga pada kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil angket siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya data diuji homogenitas variansnya dengan menggunakan statistik uji F. hasilnya adalah bahwa nilai < yaitu 1.36 < 1.96 dengan demikian dapat dinyatakan varian kedua kelompok data tersebut adalah homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t yang menunjukan bahwa > yaitu 2.559>2.021. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT (Number Heads Together) dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Kooperatif NHT (Number Heads Together), Motivasi Belajar Siswa, Hukum Termodinamika.
Download berkas