SKRIPSI

Penulis / NIM
FATRIWATI A. LATIF / 421409074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak

ABSTRAK Fatriwati A. Latif, Amin. 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa Melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fisika (Pada Materi alat –alat optic. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Utama, Dr. rer.net.Mohamad Jahja, M.Si dan Pembimbing Pendamping, Supartin S.Pd M.Pd. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fisika materi alat-alat optik Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Limboto. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi jumlah siswa yang dikenai tindakan 25 orang. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Data diperoleh melalui lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, serta tes evaluasi Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I persentase aktifitas guru adalah pada kategori sangat baik adalah 3,35 % dan kategori baik 70,1% dan kategori kurang adalah 26,65 % dan untuk aktivitas siswa kategori sangat baik adalah 6,2 % kategori baik 56,25 % kategori kurang 37,5 % dan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 37,03 % dari seluruh siswa yang dikenai tindakan hanya 9 orang yang tuntas . Persentase ini menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, persentase aktifitas guru adalah pada kategori sangat baik adalah 50 % dan kategori baik 50 % dan kategori kurang adalah 0 % dan untuk aktivitas siswa kategori sangat baik adalah 20 % kategori baik 80 % kategori kurang 50 % danseluruh siswa yang dikenai tindakan memiliki ketuntasan sebesar 92. %. bahwa 23 siswa yang tuntas hanya 2 orang yang tidak tuntas diberi bimbingan secara individu.Dengan demikian, metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik. Kata Kunci : Metode Demonstrasi,Hasil Belajar Siswa, Alat-Alat Optik

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011