Penulis / NIM
SRI WAHYUNINGSIH S. MUIS / 421409077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Sri Wahyuningsih S. Muis. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori Kinetik Gas
(Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Limboto).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajarn berbasis portofolio dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajarn langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Limboto dan sempelnya hanya dua kelas diambil, penarikan sampel ini dilakukan dengan tehnik Cluster rondom sampling, dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest posttest Control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes objektif. Tes yang diberikan kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran berbasis potofolio pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Berdasarkan kriterian pengujian yang digunakan diperoleh bahwa ada pengaruh yang dihasilkan melalui model pmbelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar.
Kata kunci : Hasil belajar, model pembelajaran berbasis portofolio
Download berkas