SKRIPSI

Penulis / NIM
ANDI / 421409078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak

¬¬¬¬ABSTRAK ANDI, 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigation (Gi) Dengan Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Zat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigation (Gi) Dengan Examples Non Examples dan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatf tipe Examples Non Examples pada materi Perubahan Wujud Zat. Dalam penelitian ini dilibatkan dua kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Madrasah Aliyah Negeri Batudaa yang berjumlah 91 orang yang tersebar pada 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XC sebagai kelas yang yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigation (Gi) Dengan Examples Non Examples, sedangkan kelas XD sebagai kelas dengan perlakuan model pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Example. Penelitian ini menggunakan instrument tes uraian. Secara statistik data rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan mengunakan teknik statistik perametrik. Bedasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 3.83 > 2.00 yang berarti menolak hipotesis (H0 ditolak). Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigation (Gi) Dengan Examples Non Examples dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Kata Kunci : Group Investigation, Examples Non Examples, Hasil Belajar.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011