Penulis / NIM
ELYAS / 421409079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Elyas.2014. Deskripsi Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Pendekatan PAKEM pada Pembelajaran Sains Materi Bunyi (Suatu Penelitian di SMP Negeri 13 Gorontalo).Skripsi.Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan aktivitas siswa melalu ipendekatan PAKEM pada pembelajaran sains materi bunyi di SMP Negeri 13 Gorontalo.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 GorontaloTahun Pelajaran 2013/2014.Dari populasi ini diambil 1 kelas sebagai sampel dengan tekhnik Purposive Sampling kemudian diterapkan pendekatan PAKEM.Kelas VIII-3yang berjumlah 24 siswa terpilih sebagai kelas untuk diamati yang diajar dengan menggunakan Pendekatan PAKEM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa serta tes hasil belajar.
Setelah diterapkan pendekatan PAKEM aktivitas guru dan siswa meningkat dari pertemuan I sampai pertemuan III. Di sisi lain kualitas pembelajaran khususnya pada materi bunyi dapat meningkat. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari 24 siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 91,67% dan yang tidak tuntas 2 siswa atau 8,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menerapkan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata kunci: Aktivitassiswa, Pendekatan PAKEM, BunyidanHasilbelajar
Download berkas