Penulis / NIM
ORIN MONOARFA / 421409080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Orin Monoarfa. 2014. Pengaruh Penerapan Model Siklus Belajar 5E Terhadap Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 2 Limboto yang terbagi dalam lima kelas dan masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling (acak) untuk memilih anggota kelompok (kelas) yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model siklus belajar 5E dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes objektif. Tes yang diberikan kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung sebesar 4,388 kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi = 0,05 diperoleh ttabel sebesar 2,00. Karena thitung > ttabel (4,388 > 2,00) maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan model siklus belajar 5E dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Model Siklus Belajar 5E, Penguasaan Konsep, Suhu dan Kalor
Download berkas