Penulis / NIM
RIBUT SAMUDRAWATI / 421409085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Ribut Samudrawati, Nim. 421 409 085, “ Deskripsi Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model-Model Pembelajaran Sains Materi Bunyi Melalui Pendekatan Pakem”. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2012-2013 semester genap. Dengan jumlah siswa 30 untuk kelas VIII4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model-model pembelajaran sains materi bunyi melalui pendekatan pakem. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes. Lembar observasi berisi aktivitas siswa yang terliht selama pembelajaran berlangsung dan tes berisi pertanyaan-pertanyaan yang dibuat mangacu pada tujuan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas VIII4 SMP Negeri 2 Gorontalo untuk gambaran aktivitas dan hasil belajar siswa untuk setiap pertemuan aktivitas yang muncul pada setiap siswa semakin meningkat, dan untuk hasil belajar dari 30 siswa yang memperoleh nilai kriteria tuntas sebesar 27 siswa atau 90%. Sedangkan yang kriteria tidak tuntas hanya 3 siswa atau 10%, dengan demikian penerapan model-model pembelaran pendekatan pakem dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi bunyi.
Kata kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar
Download berkas