Penulis / NIM
SUHARTIN HIPPY / 421409086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Suhartin.Hippy.2016.Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas VII Pada Materi Kalor. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Nawir Sune,M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Tirtawatu Abdjul,S.Pd,M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) di SMP Negeri 2 Telaga Biru. Penelitian ini dilayar belakang oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Yelaga Biru tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 orang. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Telaga Biru pada pelajaran IPA Fisika khususnya materi kalor. Hasilnya dapat dilihat padasiklus I yaitu hasil belajar siswa dari 20 siswa hanya 5 siswa (15%) yang tuntas. Selanjutnya pada siklus II dari 20 siswa, siswa yang tuntas 17 siswa (85%). Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Meningkatkan hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas