Penulis / NIM
IDRIS MANTI AHMAD / 421409087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Idris Manti Ahmad, 2014. Pengaruh Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stik dan Model Pembelajaran Student Teams-Achieven Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang (Suatu PenelitianDi SMP Negeri 3 Gorontalo).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Sampel yang diambil menggunakan Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan menggunakan uang logam kemudian ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana jumlah siswa untuk kelas eksperimen sebanyak 21 siswa pada kelas VIIIB dan untuk kelas kontrol sebanyak 27 siswa pada kelas VIIIA. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji Normalitas dengan Rumus Chi Kuadrat dan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Barlett. Dari hasil analisis data pada = 0.05 diperoleh ttabel = 2.00 dan thitung 23.52 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stik dan model pembelajaran STAD dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penggunaan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dan model pembelajaran STAD lebih cocok digunakan dalam pembelajaran Fisika materi getaran dan gelombang.
Kata Kunci :
Integrasi Model Talking Stik dan Model Pembelajaran Student Teams-Achieven Division (STAD), Hasil Belajar.
Download berkas