SKRIPSI

Penulis / NIM
ZULFIKA MULANE / 421409088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Zulfika Mulane. NIM 421 409 088 2014. Pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor. (Suatu Penelitian eksperimen di MAN Paguat). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ipa, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M,Pd dan Pembimbing 11 Supartin S,Pd M,Pd. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen kelas yang dilaksanakan semester genap T.A 2013/2014 dengan jumlah siswa 72 orang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi dan yang menggunakan model pembelajaran koeperatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Paguat yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas Xb sebagai kelas yang akan mendapatkan perlakuan dengan metode eksperimen, sedangkan kelas Xc sebagai kelas yang mendapat perlakuan metode demonstrasi. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara pengujian yang relevan yaitu uji t. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik uji beda dua rata-rata yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dikelas yang menggunakan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode demonstrasi pada materi Perpindahan Kalor. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan menjadikan metodee eksperimen sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang berhubungan dengan materi yang masih sulit untuk dimengerti sehingga siswa mampu belajar secara mandiri. Kata kunci: Eksperimen, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011