Penulis / NIM
MUS LADIKU / 421409090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Ladiku, Mus, 2015 : Pengaruh Pendekatan PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Pokok Bahasan Bunyi (suatu penelitian di SMP NEGERI 3 Gorontalo) Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raghel Yuninger S.Pd. M.Si dan Pembimbing II Nova Elysia Ntobuo, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar fisika siswa kelas VIIIB. Smp Negeri 3 Gorontalo tahun ajaran 2014/2015 yang diajarkan dengan menggunakan Pendekatan PAKEM untuk model pembelajaran Kooperatif. Dalam penelitian ini dilibatkan satu kelas sebagai objek penilitian dimana penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, maka digunakan Pretest - Posttest Control Group Design penelitian ini menggunakan instrumen tes essay. Hasil belajar pada kelas uji coba dilakukan uji gain yang ternormalisasi. Bedasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada hasil belajar meningkat pretest 20,36 dan Posttest 46,47. Berdasarkan kriteria pengujian gain ternormalisasi 0,54 kriteria sedang. Hal ini menujukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAKEM pada hasil belajar siswa seperti yang telah di uji t. Hasil pengujiannya menunjukkan bahwa = sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan PAKEM, model pembelajaran Kooperatif.
Kata-kata kunci : Pendekatan PAKEM, Hasil Belajar
ABSTRACT
Ladiku, Mus 2015 : Influence Pakem Approach Student Learning Of The Results On The Subjects Of The Most Integrated Science Basic Research In The Of Sound. (A Public Junior High Schools 3 Gorontalo) A Thesis, a course of study education physics an undergraduate degree, the faculty of mathematics and natural sciences, gorontalo state university. Tutor I Raghel Yuninger, S.Pd, M.Si and Tutor II Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
This research is research Quasi Experiment aims to understand the influence of the result of students learning physics class VIIIB. State Schools 3 Gorontalo Academy Year 2014/2015 taught by using PAKEM Approach to model learning Kooperatif. In this research involved one class as an object of research where withdrawal sampel Cluster Using A Technique Random Sampling. To know the results of stundent learning, then used pretest-posttest control group design of this study using the instruments an essay test. Learning outcomes in class the trial was done test ternormalisasi gain. Based on testing criteria used obtained that there is the influence which means at learning outcomes increased pretest 20,36 and 46,47. Based on the criteria testing the gain ternormalisasi 0,54 criteria was. This shows that there is the influence of student learning the result. Thus there is the influence of learning by adopting both PAKEM student learning on the outcome as the result has been tested t. the results shows that's = . So that we can conclude that were rejected accepted. This means that there is the influence of the results by adopting both PAKEM student learning, Cooperative kind of classroom.
Keyswords : Approach PAKEM, Learning Outcomes
Download berkas