SKRIPSI

Penulis / NIM
MELINDA I. USMAN / 421410001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Melinda, 2015. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Besaran dan Satuan". Skripsi Jurusan Pendidikann Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, Pembimbing II Supartin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi Besaran dan Satuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIf dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 28 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa terdapat 15 dari 28 siswa dengan persentase 53,57 % yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas. Persentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan kesiklus berikutnya. Pada siklus II terdapat 25 dari 19 siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas dan telah mencapai ketuntasan dengan persentase sebesar 89,3 %, dengan demikian hasil capaian siswa pada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika dapat ditingkatkan dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Kata kunci : Contextual Teaching LearningLearning, HasilBelajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011