Penulis / NIM
RIA FACHRIA TAMETUO / 421410003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Ria Fachria Tametuo. Deskripsi Karakter Siswa pada Pembelajaran Sains Materi Bunyi di SMP Negeri di Provinsi Gorontalo (Suatu Penelitian di SMP N 2 Suwawa, SMP N 1 Paguyaman dan SMP N 5 Wonosari). Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.si dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini adalah sebuah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada semester Genap T.A 2013/2014 Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran karakter siswa di SMP Negeri di Provinsi Gorontalo dengan mengintegrasikan nilai karakter kedalam pembelajaran sains materi bunyi. Metode yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan lembar pengamatan karakter. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 di SMP N 2 Suwawa, kelas VIII-4 di SMP N 1 Paguyaman dan kelas VIII di SMP N 5 Wonosari pengamilan sampel dilakukan secara purposive sampling yang menunjuk secara langsung kelas yang akan menjadi sampel dengan pertimbangan kelas tersebut menggunakan pendekatan PAKEM.
Hasil dari penelitian ini memberikan gamabaran bahwa karakter peserta didik memiliki nilai persentase berbeda untuk setiap kategori namun kategori mulai berkembang adalah memiliki persentase paling tinggi dibandingkan dengan nilai persentase pada kategori yang lain untuk semua nilai karakter. Sehingga dapat dilihat bahwa pada diri peserta didik nilai karkter sudah mulai berkembang hanya saja butuh waktu dan cara bagaimana membudayakan nilai karakter setiap hari dan itu membutuhkan peranan orang tua dan guru.
Kata kunci: Karakter siswa, pembelajaran sains, pendekatan PAKEM
Download berkas