SKRIPSI

Penulis / NIM
MARTEN LUTER LONDONG PARE / 421410007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK Marten Luter Londong Pare, 4214 10 007 "Penggunaan PhET (Phyics Education Technology) Interactive Simulation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 di SMA N 2 Kwandang pada materi Usaha dan Energi pada mata pelajaran fisika " program studi pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si pembimbing (2) Nova E. Ntobuo, S.Pd,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika materi Usaha dan Energi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kwandang. Pada semester ganjil Tahun ajaran 2014/2015, Jumlah siswa yang diberi tindakan selama penelitian sebanyak 28 orang, terdapat 19 orang siswa perempuan dan 9 orang siswa laki-laki. Desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini dipadukan dengan media PhET Simulation dengan langkah-langkah penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Variabel penelitian yaitu : (1) variabel Input (2) variabel proses (3) variabel output. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan selama penelitian adalah (1) lembar pengamatan aktivitas guru (2) lembar pengamatan aktivitas siswa (3) tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa diakhir siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I siswa yang tuntas hanya 18 orang atau 64,3% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang atau 35,7%, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 24 orang atau 85,71% mendapat nilai tuntas, sedangkan 4 orang atau 14,3% mendapat nilai tidak tuntas. Hal ini berarti bahwa hasil belajar siswa pada siklus II dapat dikatakan meningkat dan mencapai standar ketuntasan. Kata Kunci : PhET Simulation, Hasil Belajar, Usaha dan Energi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011