Penulis / NIM
ROFITA M. PATTY / 421410009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Rofita M. Patty. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Window Shopping Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Pada Materi Hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA-Fisika yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada saat semester genap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ternate Tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 14. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak dengan menggunakan koin untuk menentukan kelas yang diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIIIF terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping sedangkan VIIIN sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen tehnik pengumpulan data menggunakan test. Untuk pengujian normalitas data menggunakan uji Liliefors, dan pengujian homogenitas varians digunakan uji F. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan uji pihak kanan yaitu uji t. Hasil analisis serta berdasarkan uji pihak kanan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= 2,84 dan ttabel= 2,027 karena thitung > ttabel maka H1 diterima. Artinya bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar IPA-Fisika yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci : Coopertative Tipe Window Shopping, Hukum Newton, dan Hasil Belajar
Download berkas