SKRIPSI

Penulis / NIM
FARID YUDI PRASETYAWAN / 421410011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK FARID YUDI PRASETYAWAN, 2014. Implementasi Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Topik Getaran dan Gelombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo pada pembelajaran topik Getaran dan Gelombang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap siklus siswa diberikan tes pada akhir siklus untuk mengukur kemampuan hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 25,01%, yaitu dari siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa, yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 71,87%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa, yang tidak tuntas sebanyak 1 siswa dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 96,88%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII-9 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Kata Kunci : Hasil belajar Siswa, model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011