Penulis / NIM
FERMIYATI / 421410013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Fermiyati Maruwa. 2015. Pengaruh Metode Resitasi Terintegrasi Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat DiKelas VII SMP Negeri 3 SATAP Bongomeme. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, Pembimbing II : Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode resitasi terintegrasi dengan metode eksperimen pada materi wujud zat terhadap hasil belajar siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Bongomeme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas yang digunakan yaitu metode resitasi terintegrasi dengan metode eksperimen dan variabel terikat hasil belajar wujud zat. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Bongomeme. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan pengambilan sampel secara acak dan sederhana. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 15 butir soal.. Analisis data menggunakan analisis uji t dua sampel (two sample t-test). Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode resitasi terintegrasi dengan metode eksperimen. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen ( ) adalah 82,00 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol ( ) = 68,37. Varians kelas eksperimen 5,246 dan kelas kontrol 5,585, standar deviasi kelas eksperimen 226,2278 dan kelas kontrol 221,468. Berdasarkan data tersebut diperoleh nilai thitung = 3,899, sedangkan nilai t tabel pada taraf sihnifikasi = 0,05 dan dk = n1 + n2 - 2 atau dk = 19 + 19 - 2 = 36 diperoleh nilai ttabel adalah 2,021. Karena nilai thitung = 3,899 > ttabel = 2,021, Dengan demikian nilai thitung berada pada daerah penolakan Ho atau berada pada penerimaan H1 sehingga dapat disimpulkan bahawa hipotesis peneliti yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang di belajarkan dengan menggunakan metode resitasi terintegrasi dengan metode eksperimen dan yang di belajarkan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi diterima.
Kata Kunci: Resitasi Terintegrasi Dengan Eksperimen, Hasil Belajar.
ABSTRACT
Fermiyati Maruwa. 2015. Influence of Recitation Integration Method and Experiment Metho yield study of students in material shape essense in class VII SMP NEGERI 3 SATAP BONGOMEME. Thesis. Program Study Physics Education, Faculty of Mathematical and Natural Science. Gorontalo State University. Leader I : Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, Leader II : Citron S. Payu, S.Pd M.Pd. Aims of research is to know influence of use Recitation Integration Method and Experiment Method to yield study of students in material shape essense in class VII SMP NEGERI 3 SATAP BONGOMEME. The use of method in research in quantitave method and kind of research is experiment. The use off free variable is recitation integration method and experiment method and bond variable is yield study shape essense. Population is all of students class VII SMP NEGERI 3 BONGOMEME. The use of sample of research is sample random sampling technique and removal of sample in random and simple. Instrument of research like essay test as many as 15 item questions. The use of analysis is two sample t-test analysis yield of research is about effect significance between yield study of student to teach with the use recitation integration method and experiment method. Yield of analysis indicate that average yield study of experiment class ( ) is 82,00 and average yield study in control class ( )= 68,37. Variants experiment class 5,246 and control class 5,585, deviation standard experiment class 226,2278 and control class 221,468. Be based on data can take value thitung = 3,899, whereas value t table on level significance = 0,05 and dk = n1 + n2 - 2or dk = 19 + 19 - 2 =36 can take value ttabelis 2,021. Because value thitung = 3,899 >ttabel= 2,021. Therefore value thitungbe on territory refusal Ho or be on receipt H1. So in conclusion hypothesis of research to explain dissent yield study of student to learn use of recitation integration method and experiment method and to learn with use speech method and acceptance discussion.
Key word : Recitation Integration and Experiment, Yield Study.
Download berkas