SKRIPSI

Penulis / NIM
IRA SETIAWATI / 421410016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK Ira setiawati. 2014 Pengaruh Pendekatan Learning By Doing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tapa. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan pendekatan Learning By Doing, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan Learning By Doing dengan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Tapa pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII7 dan kelas VIII9 dengan jumlah siswa tiap kelas 20 orang, jadi jumlah siswa dari kedua kelas tersebut 40 orang. Penarikan sampel ini menggunakan Cluster Random Sampling. Kedua kelas diberikan angket sebanyak dua kali, yaitu pretes dan posstes. Hasil prettest dan posttest diperoleh nilai rata-rata kemajuan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana pada kelas eksperimen adalah 55 dan rata-rata kemajuan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol adalah 24,95. Secara statistic untuk mengetahui sejauh mana skor kemajuan motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan Learning By Doing dengan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional, diuji dengan menggunakan teknik uji statistika parametrik dengan statistika uji t. Hasil uji t, diperoleh nilai thitung= 10,28 untuk 0,05 diperoleh nilai tdaftar = 2,021 hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan terima H1. Dengan demikian bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu " Terdapat perbedaan yang signifikan antra motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan Learning By Doing dengan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional. Kata Kunci : Pendekatan Learning By Doing, Motivasi Belajar Siswa, Pendekatan Konvensional.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011