Penulis / NIM
SANTIYA U. POIYO / 421410027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Santiya U. Poiyo, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Materi Klasifikasi Benda. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Benda melalui penerapan metode pembelajaran Discovery Learning di SMP Negeri 1 Batudaa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII3 dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 19 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/15, dan berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa terdapat 8 dari 19 siswa dengan persentase 42,1% yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas. Persentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II terdapat 17 dari 19 siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas dan telah mencapai ketuntasan dengan persentase sebesar 89,47 %, dengan demikian hasil capaian siswa pada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembelajaran discovery Learning.
Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar
Download berkas