Penulis / NIM
ASTRI IVO RACHMAN / 421410031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Astri Ivo Rachman. 2014"Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kesiapan Mengajar Guru Fisika dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo ". Penelitian ini dilaksanakan untuk mencapai tujuan yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan kesiapan mengajar guru fisika dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri se-Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, variabel penelitian terdiri dari variabel X Kesiapan Mengajar Guru Fisika dan variabel Y motivasi belajar siswa, sampel penelitian berjumlah 60 orang, tehnik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan kuesioner (angket) sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Sebagai kesimpulan penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi "Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesiapan mengajar guru fisika dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri se-Kota Gorontalo " dapat diterima dan telah diuji kebenarannya. Hal ini dapat dibuktikan melalui, 1) hasil analisis regresi yang berarti setiap terjadi perubahan satu unit pada variabel X Kesiapan Mengajar Guru Fisika, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y motivasi belajar siswa sebesar 0,38 unit, 2) hasil uji linearitas persamaan regresi yang menyimpulkan bahwa persamaan regresi linear dan berarti, 3) hasil uji koefisien diterminasi sebesar r2 = 0,783 yang menunjukkan bahwa Kesiapan Mengajar Guru Fisika memiliki hubungan atau korelasi sebesar 61,30% terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Kesiapan Mengajar Guru Fisika dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas