Penulis / NIM
VIDIANUS TAKAHIPE / 421410036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Vidianus Takahipe. 2015. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Media pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo.skripsi, program studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr. Hj. Sunarty. S. Eraku, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mencapai tujuan yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan persepsi siswa terhadap media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo pada semester ganjil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, variabel penelitian terdiri dari variabel X persepsi siswa terhadap media dan variabel Y motivasi belajar siswa, sampel penelitian berjumlah 48 orang, tehnik pengumpulan data diperoleh dengan cara kuesioner (angket) sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Sebagai kesimpulan penelitian ini adalah hipotesis yang berbunyi "terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap media pembelajaran guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Gorontalo" dapat diterima dan diuji kebenarannya.Hal ini dapat dibuktikan melalui, 1) hasil analisis regresi yang berarti setiap terjadi perubahan satu unit pada variabel X persepsi siswa terhadap media pembelajaran, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata Variabel Y motivasi belajar siswa sebesar 0,4096 unit, 2) hasil uji linieritas persamaan regresi yang menyimpulkan bahwa persamaan regresi linier dan berarti, 3) hasil uji koefisien determinasi sebesar r2 = 0,477 yang menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap media pembelajaran memiliki hubungan atau korelasi sebesar 22,75% terhadap motivasi belajar siswa
Kata Kunci : Persepsi Siswa dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas