Penulis / NIM
SUMIATI / 421410039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
SUMIATI. NIM 421410039. Skripsi"Deskrisi Aktivitas SiswaDan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan PAKEM Pada Proses Pembelajaran Fisika Materi Bunyi"suatu penelitian pada siswa kelasVIII SMP N 5 Wonosari. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Gorontalo.Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian siswa kelas VIII SMP N 5 Wonosari adalah untuk mendapatkan gambaran aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam proses penbelajaran fisika melalui pendekatan PAKEM. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Wonosari Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa.Penelitian ini menujukan bahwa dengan menerapkan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dapat meneingkatkan aktifitas guru dan siswa, di sisi lain kualitas pembelajaran khususnya pada materi bunyi dapat meningkat. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu siswa yang tuntas sebanyak 93.33%. pengamatan kegiatan guru dan siswa dari pertemuan I sampai pertemuan III semakin meningkat dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas guru maupun siswa. Dimana semakin tinggi aktivitas siswa dalam pembelajaran maka semakin tinggi hasil belajar siswa.
Kata Kunci :Penerapan PAKEM, aktivitas Siswa, Pendekatan PAKEM, Bunyi dan Hasil belajar.
Download berkas