Penulis / NIM
SALMA DUNGGIO / 421410041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Salma Dunggio. 2014. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe SAVI (Somatic, Auditory,Visually dan Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat-alat Optik". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelal VIII SMP Negeri 2 Kwandang sebanyak 162 orang. Pengambilan sampel menggunkan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII2 dan kelas VIII3 dengan jumlah siswa masing-masing 22 orang. Dari hasil analisis pengujian hipotesis pada taraf signifikan, diperoleh thitung > tdaftar yaitu 2,178 > 2,02. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe SAVI, Hasil Belajar
ABSTRACT
Salma Dunggio. 2014 "Influence of Cooperative Learning Model of type SAVI (Somatic, Auditory, Visually and Intellectual) Against Student Results on Optical Materials Tools". This study aimed to determine differences in student learning outcomes that learned using cooperative learning model to students that learned SAVI using direct instructional model. 2013/2014 school year. The study design used the Posttest-Only Control Design. The study population is all students of SMP Negeri 2 Kwandang many as 162 people. Sampling using the cluster random sampling technique. The sample in this research is class and class VIII2 VIII3 the number of students in each of 22 people. From the analysis of hypothesis testing at significant level, obtained t > t daftarie 2.178 > 2.02. These results suggest that the learning outcomes of students who use cooperative learning model SAVI higher than the student learning outcomes using direct instructional model. From the above results it can be concluded that there is a difference between the results of student learning through cooperative learning model SAVI compared with the direct learning model.
Key words : Cooperative Learning Model of type SAVI, Study Results
Download berkas