Penulis / NIM
DIANA LADIKU / 421410042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttes only Control Group Desain dan melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yaitu model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran inkuiri dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas X MA Al-Huda Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 75 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 10 item tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 71.8 dan skor rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 60. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, dimana hasil perhitungan diperoleh yaitu . Dari hasil analisis tersebut diperoleh temuan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar melalui model pembelajaran problem solving dengan siswa yan diajar dengan model pembelajaran inkuiri, demikian pula hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem solving lebih tinggi dibandingkan dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri.
Kata kunci : Problem solving, inkuiri, hasil belajar
Download berkas