Penulis / NIM
RABIATUN DARMAN / 421410051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Rabiatun Darman, 2014. Implementasi Model Active Learning tipe Question Student Have (QSH) pada Pembelajaran Sains materi Bunyi Kelas VIII Semester Genap T.P 2013/2014 SMP Negeri 7 Kwandang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri K. Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo, S.Pd, M,Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk mendapatkan gambaran aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model Active Learning tipe Question Student Have (QSH) dengan suatu perangkat yang telah dikembangkan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cluster random sampling dimana untuk menentukan sampel yang akan dijadikan sumber data, maka dalam pengambilan sampelnya berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan yaitu kelas VIIIA SMP Negeri 7 Kwandang yang berjumlah 15 siswa. Untuk menunjang keberhasilan penelitian, digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dari pertemuan I, II dan III, diperoleh gambaran aktivitas guru dan aktivitas siswa mengalami peningkatan serta hasil belajar siswa sebagian besar diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Dengan presentase secara klasikal didapatkan 13 siswa dari 15 siswa yang tuntas dengan presentase (86,67%) sedangkan siswa yang tidak tuntas yaitu sebanyak 2 siswa dari 15 siswa yaitu dengan presentase (13,33%).
Kata kunci: Active learning, hasil belajar, bunyi
Download berkas