Penulis / NIM
SUTRIN R. RAHIM / 421410053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Sutrin R. Rahim. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas XI SMK Negeri 1 Tilamuta pada mata pelajaran Fisika. Suatu penelitian di SMK Negeri 1 Tilamuta. Jurusan Fisika, Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2015. Pembimbing I :Dr. Hj. Sunarty S. Eraku, M.Pd, Pembimbing II : Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) di kelas XI SMK Negeri 1 Tilamuta pada mata pelajaran fisika yang berjumlah 16 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan mengikut sertakan 3 orang guru pengamat. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui pemberian tes pada akhir setiap siklus. Selain itu, kegiatan guru dan kegiatan siswa dikumpulkan melalui tekhnik observasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada siklus I yaitu 62,5 % meningkat menjadi 81,25 % pada siklus II. Jadi, hipotesis penelitian tindakan kelas ini yaitu" jika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), maka hasil belajar siswa akan meningkat" terbukti. Berdasarkan kenyataan tersebut, kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas XI SMK Negeri 1 Tilamuta.
Kata kunci : hasil belajar siswa, kooperatif tipe Group Investigation (GI), mata pelajaran fisika
Download berkas