Penulis / NIM
MISRAN LIMONU / 421410057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
MISRAN LIMONU. Deskripsi karakter siswa dalam pembelajaran sains pada materi bunyi kelas VIII SMP Negeri 7 Kwandang. Program studi pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos taruh, M.Pd dan pembimbing II Nova Elysia Ntobuo. Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang karakter siswa SMP Negeri 7 Kwandang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 7 Kwandang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling (sampel bertujuan) dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 7 Kwandang Instrumen penelitian ini menggunakan lembar pengamatan penilaian karakter siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran karakter peserta didik dalam pembelajaran sains sudah nampak, hal ini terlihat dari indikator yang telah sesuai. Karakter religius adalah karakter yang paling tinggi dimana merupakan karakter yang paling terlihat pada diri peserta didik sedangkan karakter toleransi, rasa ingin tahu, tanggung jawab dan kreatif adalah karakter yang masih sedikit dimiliki peserta didik karena masih banyak peserta didik yang belum memperlihatkan perilaku dari karakter tersebut sehingga masih memerlukan banyak bimbingan dari semua pihak, termasuk orang tua.
Kata Kunci : Karakter Siswa, Pembelajaran Sains
Download berkas