SKRIPSI

Penulis / NIM
EVA ALFIDAYANI / 421410058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Eva Alfidayani, 2015. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPA Materi Bunyi (Suatu Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo). Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri gorontalo. Dibimbing oleh : Pembimbing I, Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd dan Pembimbing II, Tirtawaty Abdjul, S.Pd,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPA Materi Bunyi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap di SMP Negeri 7 Gorontalo pada siswa kelas VIII.B tahun pelajaran 2013/2014. Siswa yang diadakan penelitian berjumlah 25 orang, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada proses pembelajaran terlaksana sesuai RPP dengan baik sehingga memperoleh persentasi mencapai 3,80. Sementara itu untuk gambaran mengenai aktivitas guru secara keseluruhan dan aktivitas siswa dari pertemuan I, II dan III, untuk persentase aktivitas guru mencapai rata-rata 80,56 % dan persentase aktivitas siswa mencapai 52 %. Berasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan pada pembelajaran IPA materi Bunyi . Kata Kunci : Pengertian Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011