Penulis / NIM
EVA ALFIDAYANI / 421410058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Eva Alfidayani, 2015. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPA Materi Bunyi (Suatu Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo). Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri gorontalo. Dibimbing oleh : Pembimbing I, Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd dan Pembimbing II, Tirtawaty Abdjul, S.Pd,M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPA Materi Bunyi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap di SMP Negeri 7 Gorontalo pada siswa kelas VIII.B tahun pelajaran 2013/2014. Siswa yang diadakan penelitian berjumlah 25 orang, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada proses pembelajaran terlaksana sesuai RPP dengan baik sehingga memperoleh persentasi mencapai 3,80. Sementara itu untuk gambaran mengenai aktivitas guru secara keseluruhan dan aktivitas siswa dari pertemuan I, II dan III, untuk persentase aktivitas guru mencapai rata-rata 80,56 % dan persentase aktivitas siswa mencapai 52 %. Berasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan pada pembelajaran IPA materi Bunyi .
Kata Kunci : Pengertian Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Download berkas