SKRIPSI

Penulis / NIM
NURNANINGSI RAHMAN / 421410060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK NURNANINGSIH RAHMAN. Deskriptif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi bunyi kelas VIII SMP N egeri 2 Pagayaman Pantai. Program studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi bunyi di SMP Negeri 2 Pagayaman Pantai. Paopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai. Pengambilan sampel dilakukan secara pengambilan sampling kembar (double sampling), yang menjadi sampel dalam penelitian ini kelas VIIIA dan kelas VIIIB dengan jumlah total sebanyak 32 siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dilaksanakan oleh guru dikelas pada pertemuan pertama masih banyak kekurangan yang dilakukan oleh guru, karena masih belum sesuai dengan rancangan terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran hal ini, terlihat dari masih banyak kekurangan-kekurangan yang dilakukukan guru dalam melaksanakan pembelajaran, terlihat dari banyak indikator-indikator pelaksanaan pembelajaran belum dilakukan oleh gurur masih belum sempurna dan perolehan kriteria sangan baik 11.1 %, dan untuk kategori baik 66.6 %. Pada pertemuan yang kedua pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik dari pertemuan pertama, dimana guru melaksanakan pembelajaran dengan memperoleh kategori sangat baik 44,4 %, dan kategori baik 41,6 %, indikator-indikator yang dilaksanakan oleh guru dalam proses pembelajaran itu sudah mengalami kemajuan dalam pembelajaran pada pertemuan 1, hal ini, berdampak pada hasil belajar siswa dimana, siswa yang tuntas dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mencapai 81,25 %. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011