SKRIPSI

Penulis / NIM
ULYANA EKAWATI / 421410062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK Ulyana Ekawati, 421 410 062. Pengaruh Model Genius Learning Tipe Modelling The Way Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA-Fisika Pada mata Pelajaran Energi (suatu Penelitian di SMP Negeri 2 Gorontalo). Skripsi, Program studi SI Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gorontalo. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan Pemahaman Konsep IPA-Fisika pada kelas yang menggunakan Genius Learning tipe Modelling The Way dengan pemahaman konsep IPA-Fisika yang menggunakan Cooperatif Tipe STAD pada materi Energi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo dengan jumlah siswa sebanyak 278 orang tersebar 9 (sembilan) kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster random sampling, kemudian ditentukan dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana jumlah kelas eksperimen sebanyak 34 siswa pada kelas VIII8 dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa pada kelas VIII9. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes.Teknik analisis data menggunakan uji t, sebagai persyaratan analisis dilakukan uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas varians. Dari hasil analisis data pada = 0,05 diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung 3,95. Dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep Ipa-Fisika siswa yang menggunakan model Genius Learning Tipe Modelling The Way dengan yang menggunakan model Cooperatif tipe STAD pada materi energi. Perbedaan pemahaman konsep siswa tersebut ditunjukan oleh distribusi rata-rata skor, untuk kelas eksperimen 42,94% dan untuk kelas kontrol 37,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Pemahaman Konsep IPA-Fisika pada kelas yang menggunakan Genius Learning tipe Modelling The Way dengan pemahaman konsep IPA-Fisika yang menggunakan cooperatif Tipe STAD. Kata kunci : Genius Learning, Modelling The Way, Pemahaman Konsep
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011