Penulis / NIM
YURNA / 421410063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Yurna. 2014. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair
Share Pada Materi Bunyi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA,
Universitas Negeri Gorontalo. Tim Pembimbing, Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat
Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan maksud mengetahui
deskripsi/gambaran tentang aktivitas guru dan siswa serta hasil pembelajaran siswa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi
bunyi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, selama 4 bulan Tahun
Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
selama tiga kali pertemuan pada materi bunyi adalah Pengamatan terhadap
keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa pengamatan dilakukan oleh 2 orang
pengamat dan Tes hasil belajar. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis
statistika deskriptif. Data dikelompokan berdasarkan aktivitas siswa, yang diamati
melalui lembar observasi yang terdapat aktivitas siswa yang akan terlihat selama
proses pembelajaran berlangsung. Kemudian dianalisis, dikelompokan, dan
dipresentasikan melalui tabel dan diagram. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi
di SMP N 8 Kota Gorontalo Dikelas VIII.3 dapat meningkatkan aktivitas guru dan
siswa dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif terhadap
hasil belajar baik dari pertemuan pertama dengan criteria capaian baik, pada
pertemuan kedua diperoleh kriteria capaian sangat baik dan pertemuan ketiga
meningkat dengan criteria capaian sangat baik. Selain itu, Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi di SMP N 8 Kota
Gorontalo Dikelas VIII.3 hasil pembelajaran meningkat hal ini dapat dilihat dengan
hasil belajar yang dicapai oleh siswa sebagian besar diatas skor yang telah ditentukan
yaitu 75 yang dalam kategori ketuntasan individu. Sedangkan untuk kategori
ketuntasan klasikal sangat baik dengan persentasi capaian 93,94%.
Kata Kunci: Think, Pair, Share dan Hasil Belajar
Download berkas