SKRIPSI

Penulis / NIM
YURNA / 421410063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Yurna. 2014. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Bunyi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Tim Pembimbing, Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan maksud mengetahui deskripsi/gambaran tentang aktivitas guru dan siswa serta hasil pembelajaran siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, selama 4 bulan Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian selama tiga kali pertemuan pada materi bunyi adalah Pengamatan terhadap keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa pengamatan dilakukan oleh 2 orang pengamat dan Tes hasil belajar. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif. Data dikelompokan berdasarkan aktivitas siswa, yang diamati melalui lembar observasi yang terdapat aktivitas siswa yang akan terlihat selama proses pembelajaran berlangsung. Kemudian dianalisis, dikelompokan, dan dipresentasikan melalui tabel dan diagram. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi di SMP N 8 Kota Gorontalo Dikelas VIII.3 dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar baik dari pertemuan pertama dengan criteria capaian baik, pada pertemuan kedua diperoleh kriteria capaian sangat baik dan pertemuan ketiga meningkat dengan criteria capaian sangat baik. Selain itu, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi di SMP N 8 Kota Gorontalo Dikelas VIII.3 hasil pembelajaran meningkat hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar yang dicapai oleh siswa sebagian besar diatas skor yang telah ditentukan yaitu 75 yang dalam kategori ketuntasan individu. Sedangkan untuk kategori ketuntasan klasikal sangat baik dengan persentasi capaian 93,94%. Kata Kunci: Think, Pair, Share dan Hasil Belajar
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011