Penulis / NIM
HAJIRA / 421410064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Hajira, 421 410 064. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Dengan Pendekatan Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Besaran dan Pengukuran Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Fisika Jurusan Fisika , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd, pembimbing II Supartin, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Besaran dan pengukuran melalui penerapan Kooperatif tipe Group Investigaion dengan pendekatan ScaffoldingPada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII2Denganjumlahsiswa yang diberikantindakanselamapenelitiansebanyak 40 orang,Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus yang terdiridariempatkomponen, yaitu :perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, sertaanalisisdanrefleksi. Pengumpula data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan: Kualitas pengelolaan pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I, akumulasi kriteria sangat baik dan baik mencapai 53.85% dan pada siklus II meningkat menjadi 76.85%. Aspek aktivitas guru pada siklus I akumulasi kriteria sangat baik dan baik memperoleh 36,84% dan nilai ini mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II, menjadi 73,68%. Aspek aktivitas belajar siswa pada siklus I akumulasi kriteria sangat baik dan baik hanya memperoleh 30,77%. Angka ini mengalami peningkatan pada pelaksanaan tindakan siklus II, yakni menjadi 76,92%. Ketuntasan siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 72.5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Oleh karenah itu maka hasil bejar siswa pada siklus II sudah mencapai Indikator Keberhasilan. Berdasarkan hasil analsis data dalam penelitianini dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika dapat meningkat dengan menggunakan Model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dengan pendekatan Scaffolding.
Kata kunci :
Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Pendekatan Scaffolding, Hasil Belajar
ABSTRACT
Hajira,421 410 064. Application of Cooperative Learning with Group Investigation Model and Scaffolding Approach To Improve Learning Outcomes of Physics lesson at topic Measurement Magnitude in Seventh Grade Students of SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Final Project, Study Program Physics Educationat Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. First Supervisor. Dr. Masri Kudrat Umar, M. Pd, second supervisor, Supartin, M.Pd. This study is a class action aims to improve student learning outcomes in magnitude and measurement through the implementation of cooperative learning type Group Investigation at Scaffoldingapproach In Seventh Grade Students of SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Subjects were students in grade VII2 With the number of students who are given the action during the study as many as 40 people, this study was conducted in two cycles consisting of four components, namely: planning, action, observation, analysis and reflection. The data collection is done by observation and administration of the test at the end of the learning cycle. Based on the results of the study, then obtained: Quality management of learning experiencing an increase. In the first cycle, the cumulative criteria very well and both reached 53.85% and the second cycle increased to 76.85%. Aspects of the teachers in the first cycle of accumulation criteria very well and both gained 36.84% and this value has increased on the implementation of the second cycle, being 73.68%. Aspects of learning activities of students in the first cycle of accumulation criteria very well and good only gained 22.22%. This figure has increased in the implementation of the second cycle, which is to be 77.78%. The completeness of students in the classical style in the first cycle of 72.5%, and the second cycle increased to 95%. Therefore, the learning outcomes of students in the second cycle.
Keywords:
Cooperative Learning, Group Investigation, Scaffolding Approach, LearningResults
Download berkas