Penulis / NIM
SITRA DALANGGO / 421410065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Sitra Dalanggo, 421410065 "Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Question Student Have pada mata pelajaran Fisika pada materi Tekanan SMP Negeri 1 Tapa" Program studi pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Nawir Sune, M.Si pembimbing (2) Citron S.Payu, S.Pd,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika materi Tekanan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII 6 SMP Negeri 1 Tapa. Pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, Jumlah siswa yang diberi tindakan selama penelitian sebanyak 20 orang, terdapat 10 orang siswa perempuandan 10 orang siswa laki-laki. Desain penelitian tindakan yang dipakai adalah model visualisasi Kemmis dan M.C Taggart dengan langkah-langkah penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Variabel penelitian yaitu : (1) variabel Input (2) variabel proses (3) variabel output. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan selama penelitian adalah (1) lembar pengamatan aktivitas guru (2) lembar pengamatan aktivitas siswa (3) tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa diakhir siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I siswa yang tuntas hanya 11 orang atau 55% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang atau 45%, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 17 orang atau 85% mendapat nilai tuntas, sedangkan 3 orang atau 15% mendapat nilai tidak tuntas. Hal ini berarti bahwa hasil belajar siswa pada siklus II dapat dikatakan meningkat dan mencapai standar ketuntasan.
Kata Kunci : Metode Question Student Have, Hasil Belajar, Tekanan
Download berkas