Penulis / NIM
DITYANA SILVI NURKAMIDEN / 421410068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Dityana Silvi Nurkamiden, NIM. 421410068. "Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis". Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilakukan di sekolah MAN Batudaa Kab. Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Macromedia Flash pada pembelajaran fisika materi listrik dinamis. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi yang berikan oleh validator 1 kategori sangat layak adalah 33,3% dan kategori layak 66,7%, Validator 2 kategori sangat layak adalah 53,3% dan kategori layak 46,7%, Validator 3 kategori sangat layak adalah adalah 40% dan kategori layak adalah 60%. Serta dibuktikan dengan tes hasil belajar yang meningkat dengan nilai rata - rata yang memenuhi standar KKM, dengan nilai rata-rata pertemuan 1 adalah 82,05% dan pertemuan 2 adalah 78,42%. Maka penggunaan macromedia flash layak digunakan dan ini berarti media pembelajaran ditinjau dari tes hasil belajar adalah efektif.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Materi Listrik Dinamis
ABSTRACT
Dityana Silvi Nurkamiden, Student ID. 421410068. "Development of Macromedia Flash Learning Media in Physics Subject on Electricity Dynamic Topic". Department of Physics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. This research is conducted at MAN Batudaa of Gorontalo District. The objective of this research is to develop a macromedia flash as a learning media in physics learning on Electricity Dynamic topic. This research shows that the validity assessment given by validator 1 was 33.3% very appropriate, and 66.7% appropriate. Validator 2 gives 53.3% very appropriate feedback and 46.7% very appropriate feedback. The third validator gives 40% of very appropriate feedback and 60% of appropriate feedback. It is also proven by the learning achievement test that averagely improved to meet the standard of accomplishment, with the average grade in the first meeting was 82.05% and in the second meeting 78.42%. Hence, the implementation of macromedia flash are appropriate to be used and this also means that this learning media is effective based on the student' learning achievement test.
Keywords: learning media, macromedia flash, electricity dynamic topic
Download berkas