Penulis / NIM
WINDA MOHI / 421410071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Winda Mohi. 2016. Penerapan Pendekatan Stater Eksperiemen Approach(SEA)Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 4 Kotamobagu Materi Gelombang Cahaya. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr.Hj.Sunarty S.Eraku,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan penerapan Stater Eksperimen Approach (SEA) terhadap hasil belajar siswa SMA N 4 Kotamobagu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Pre-eksperimen dimana penelitian dilakukan dengan hanya pada satu sampel kelas dimana sampel merupakan siswa kelas XII IPA SMA N 4 Kotamobagu. Desain penelitian ini merupakan One Group Pretes-Postes yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Instrumen tes yang digunakan merupakan tes essay. Sebelum diberikan perlakuan peneliti memberikan pretes kepada peserta test untukn mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki siswa pada kelas yang diberikan perlakuan, kemudian diberikan postes untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan pendekatan Stater Eksperimen Approach (SEA) terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan pengujian statistika dengan Chi Kuadratt memperlihatkan bahwa Xh2 hitung < Xh2 tabel dengan dk = 4 yaitu Xh2 tabel yaitu (9,48) dimana nilai Xh2 hitung dapat dilihat pada tabel diatas masing - masing pada pertemuan 1 nilai chikuadrat adalah 8,276 hal dan berturut-turut pada pertemuan 2 dan 3 yakni dengan nilai chikuadrat adalah masing - masing 6,575 dan 0,6674. . Dengan ini berdasarkan hasil tersebut maka H0 diterima yakni dimana hipotesis Ho adalah tingkat keberhasilan siswa dalam hasil belajar paling tinggi 80% dari yang diharapkan,menunjukkan kasesuaian antara sampel yang diperoleh dengan apa yang diharapkan oleh peneliti dimana terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80 %. Hasil yang diperoleh pada setiap pertemuan juga menunjukkan hasil perkembangan belajar siswa konsisten pada setiap pertemuan meskipun dengan materi yang berbeda-beda menggambarkan keberhasilan pendekatan Stater Eksperimen (SEA) sebagai sebuah pendekatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pendekatan Stater Eksperiemen Approach , One Group Pre-tes Postest, Hasil Belajar Siswa.
ABSTRACT
Winda Mohi,2016. The Influnce Implementation Of Stater Eksperiment Approach in SMAN 4 Kotamobagu ON Light Wave Material. Bachelor Study Of Physics Education, Departement of physics, Faculty Of Mathematics and Natural Science, State University Of Gorontalo. The Principal Supervicor is Prof. Dr. H Mursalin,M.Si and Co-Supervisor is Dr.Hj.Sunarty S Eraku,M.Pd
This reserch aimed at finding out on how the succesful level of the implementation of Stater Eksperiment Approach (SEA) toward learning achievement in wich the research was only conducted on one sample calss that was students od class XII IPA SMAN 4 Kotamobagu. The research design was One Group Pretest dan posttest design which was done for 3 meetings. The test instrument is essay. Before the Treatment, the researcher gave the pretest to all participants of the test to find out student basic knowledge, then posttest was given to find out the successful level of Stater Eksperiment Approach (SEA) implementation toward students learning achievement. From the calculation of statistical testing with Chi-Squre Showed that Xh2count < Xh2table with dk = 4 in which Xh2table was (9,48) in which Xh2Count could be seen on the table in which on meeting I, the value of chi square was 8,276 hal on meeting 2 and 3,each of the value of chi square 6,575 and 0,6674. Based on this result,hence H0 was accepted in which H0 hypotesis was the highest stdent succesfull leven on learning achievement was 80% from the expectation showed congruence between sample gained and what was expected by the researcher where there was improvement on student learning achievement as much as 80%. The result gained in every meeting showed the consistent of students learning achievement development even with diffrent material as well. It described that the successful of Stater Eksperimen Approach (SEA) is a learning approach.
Keyword : Stater Eksperiment Approach,One group pretest posttest,Studen Learning Achievement
Download berkas