Penulis / NIM
RIFKA LAHAMI / 421410073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Rifka Lahami, 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model Problem Based Intruction (PBI) Pada Materi Kalor di Kelas VII SMP Negeri 10 Bongomeme. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II, Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di kelas VII SMP Negeri 10 Bongomeme. Penelitian ini menerapkan model Problem Based Intruction (PBI) dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan 26 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Data diperoleh melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes pemahaman konsep siswa.
Hasil analisis data menunjukan bahwa pada siklus I Presentase siswa yang tuntas sebesar 76% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan. Presentase ini menunjukan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indicator kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus II ini. Hasilnya, seluruh siswa yang dikenai tindakan memiliki ketuntasan sebesar 87%. Dengan demikian, Model Problem Based Intruction (PBI) dapat meningkatkan pemahaman konsep atau hasil belajar siswa pada materi kalor.
Kata Kunci : Problem Based Intruction (PBI), Pemahaman Konsep Siswa dan Kalor.
Download berkas