SKRIPSI

Penulis / NIM
MERIATI UNO / 421410074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK Meriati Uno. 2014. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Bunyi di SMP Negeri 2 Bongomeme". Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Penelitian yang dilakukan ini merupakan suatu studi eksperimen di SMP Negeri 2 Bongomeme yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar fisika yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran talking stick. Populasi dalam penelitian ini meliputi keseluruhan siswa kelas VIII yang pada di SMP Negeri 2 Bongomeme yang berjumlah 130 siswa dan terdistribusi pada 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 dan kelas VIII3 dengan jumlah siswa masing-masing 23 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan tekhnik cluster random sampling yaitu dengan cara mengundi kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian. Tes diberikan kepada siswa yang berada dikelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 1 kali yaitu pada akhir materi pembelajaran. Dari hasil analisis pengujian hipotesis, diperoleh thitung > tdaftar yaitu 2,35 > 2,02. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran talking stick. Demikian pula skor rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran talking stick. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Artikulasi, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011