SKRIPSI

Penulis / NIM
HARDIANSA MALAE / 421410084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Hardiansa Malae. 2015. Penggunaan KIT IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Cahaya. (Suatu Penelitian di SMP Negeri 1 Suwawa).Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Sunarty S. Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dari KIT IPA dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango pada pokok bahasan cahaya. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Metode ini digunakan dengan maksud untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa menggunakan KIT IPA di kelas VIIIB SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, rubrik pengamatan keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar keterampilan proses sains siswa melibatkan beberapa orang pengamat. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis persentase. Hasil analisis data penelitian pada siklus I ini menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa dalam menggunakan KIT IPA pada materi cahaya yakni sebesar (67.21%) dan persentase rata-rata hasil belajar keterampilan proses sains siswa mencapai (64.6%). Namun hasil tersebut belum mencapai indikator capaian yakni sebesar 75%. Maka dilanjutkan pada siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II keterampilan proses sains mengalami peningkatan menjadi (76.20%) dan analisis hasil belajar keterampilan proses sains yang dicapai siswa meningkat menjadi (80.3%). Dengan demikian hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan KIT IPA dalam pembelajaran khususnya pokok bahasan cahaya dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa di kelas VIIIB SMP N
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011