Penulis / NIM
ASNA AHMAD / 421410087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Asna Ahmad. 2015. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Dan Usaha Di SMP Negeri 2 Kwandang". Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian bertujuan untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi keseluruhan siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 2 Kwandang yang berjumlah 177 siswa dan terdistribusi pada 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan tekhnik cluster random sampling yaitu dengan cara mengundi kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes essay. Tes diberikan kepada siswa yang berada dikelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 1 kali yaitu pada akhir materi pembelajaran. Dari hasil analisis pengujian hipotesis pada taraf signifikan, > diperoleh thitung tdaftar yaitu 2,96 > 2,02. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor, yaitu
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI, Hasil Belajar
ABSTRACT
Asna Ahmad. 2015. "Influence of Cooperative Learning Model Group Investigation (GI) Against Student Results In Energy Materials And Effort In SMP Negeri 2 Kwandang". Thesis, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences (Mathematics) University of Gorontalo. Supervisor was Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd and the co-supervisor was Tirtawaty Abdjul, S. Pd, M.Pd.
The study aimed to examine the differences between student learning outcomes that learned by using cooperative learning model Group Investigation (GI) with the learning outcomes of students that learned using cooperative learning model jigsaw. The method used is an experimental method to design Posttest Only Control Design. The population in this study include the entire eighth grade students in Junior High School 2 Kwandang which totaled 177 students and distributed in 6 classes. The sample in this study is the number of VIII1 class of 30 students as experimental class and class VIII3 the number of grade 27 students as control. These samples were determined using cluster random sampling technique is by way of a class that will be a raffle experimental classes and control classes. Data collection is done by using the instrument in the form of an essay test. The test is given to students who are in class experimental and control classes 1 times that at the end of the learning materials. From the analysis of hypothesis testing on a significant level, obtained thitung tdaftar ie 2,96 > 2,02. These results indicate that the learning outcomes of students who use cooperative learning model Group Investigation (GI) is higher than the learning outcomes of students who use cooperative learning model jigsaw. This is indicated by the average value of the score, ie
Keywords: Cooperative Learning Model GI type, Learning Outcomes
Download berkas